175 Kadet PRALA AMI Medan Dikukuhkan


175 Kadet Praktek Laut (Prala) dikukuhkan oleh Direktur Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan Capt. Dafid Ginting, M.Mar di Hotel Santika Dyandra Medan (Sabtu, 29 November 2014)

Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan siap mendukung program pemerintah RI membangun kembali kejayaan pelayaran nasional sebagai penggerak utama pembangunan bangsa dimasa depan.

Demikian dikatakan Direktur AMI Medan Capt. Dafid Ginting, M.Mar, saat pengukuhan 175 kadet praktek laut (Prala) AMI yang akan melanjutkan praktek laut selama satu tahun di kapal asing dan dalam negeri, dalam acara di Hotel Santika Dyandra Medan, Sabtu (29/11).

Capt. Dafid Ginting, M.Mar mengatakan, atas nama civitas akademika AMI Medan mengucapkan selamat kepada taruna taruni yang dikukuhkan sebagai kadet Prala dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah AMI Medan.

Menurut direktur AMI Medan, untuk memenuhi tingginya kebutuhan perwira laut sesuai program pembangunan saat ini, AMI Medan siap mendukung program pemerintah membangun kembali kejayaan pelayaran nasional, sebagai penggerak utama pembangunan dimasa depan.

AMI medan sudah memiliki Simulator dari India dan bekerja sama dengan Singapura sebagai sarat yang ditetapkan bagi para perwira laut di dunia internasional.

Ketua Pembina Akademi Maritim Indonesia Medan Dr. Yuris Danilwan, SE, M.Si mengatakan, perkembangan kapal armada pelayaran mengalami peningkatan sebanyak 7,1 persen pada tahun 2011 dan pada 2012 bertambah lagi menjadi 11.620 unit kapal dan data Kemenhub RI pada 2014 jumlah kapal bertambah menjadi 13.240 kapal di nusantara.

Dengan jumlah tersebut, Indonesia saat ini membutuhkan sebanyak 3.000 hingga 4.000 perwira laut yang bertaraf internasional. Sedangkan federasi pelayaran internasional membutuhkan 83 ribu lebih pelaut, sehingga AMI Medan sudah mempersiapkan kebutuhan tersebut sejak jauh hari.

Sedangkan Kepala Kantor Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan diwakili oleh J. Manurung, SH, MH mengatakan AMI Medan yang berada di bawah Kemenhub diharapkan terus meningkatkan kualitas dan ikut dalam pembangunan maritim yang sedang giat digalakkan pemerintah saat ini sesuai perkembangan zaman.