AMI Medan Lantik Perwira ATT dan ANT


Medan (Waspada): Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan, melaksanakan pelantikan Perwira Pelayaran Besar Ahli Teknika (ATT) III dan Ahli Nautika (ANT) III, serta pengukuhan Perwira Praktik Laut, Sabtu, (17/2).

            Pelantikan 73 Ahli Teknika Tingkat III dan 40 Ahli Nautika Tingkat III serta pengukuhan 34 taruna Perwira Praktik Laut dilakukan di Ballroom Machmoedin Kampus AMI Medan.

            Pelantikan dan pengukuhan dipimpin Direktur AMI Medan, Capt. Dafid Ginting, M.Mar, M.Si dan dihadiri Ketua Pembina Yayasan Dr. Yuris Danilwan, SE, M.Si, Ph.D, Manager Soechi Lines Rani Tasha, orangtua para perwira dan taruna, serta undangan lainnya.

            Dr. Yuris Danilwan, SE, M.Si, Ph.D menceritakan sejarah panjang berdirinya perguruan tinggi yang kini berusia 57 tahun, yang diawali dengan akademi perdagangan pelayaran tersebut. AMI Medan yang dikelola dengan professional, memiliki ribuan alumni yang tersebar di nusantara hingga mancanegara.

            Keberadaan AMI Medan, menurut Yuris, dikenal sebagai lembaga pendidikan yang juga terdaftar di Organisasi Maritim Internasional (IMO) yang memenuhi standard dan persyaratan nasional dan internasional karena didukung fasilitas pendidikan berkualitas.

Yuris menuturkan, pelaut dari Sumut dengan karakteristik bekerja keras dan memiliki kompetensi yang telah memenuhi standar internasional.

Apresiasi terhadap kiprah AMI Medan disampaikan Manager Soechi Lines, Rani Tasha, yang mempersilahkan para perwira lulusan AMI Medan, untuk melamar ke perusahaan perkapalan yang dikelolanya.

Menurut Rani Tasha, sudah banyak alumni AMI Medan bekerja di perusahaannya karena banyak keunggulan kualitas pelaut Indonesia. “Lulusan AMI Medan itu sangat baik dan sangat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi pelayaran negeri di tanah air, “kata Manager Soechi Lines tersebut.

Sedangkan direktur AMI Medan Capt. Dafid Ginting, M.Mar, M.Si mengatakan, pelantikan dan pengukuhan dapat membangkitkan motivasi para Perwira dan Taruna/i AMI Medan. Pelantikan perwira dilaksanakan perdana di Kampus AMI Medan, dimana sebelumnya harus digelar di Jakarta. (cwan/B)