Angkatan Laut India Puji Akademi Maritim Indonesia Medan


Angkatan Laut India memuji Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan yang di-nilai serius dalam menjalankan Pendidikan Kemaritiman. “Saya salut dan gembira setelah melihat kelengkapan infrastruktur di sekolah ini (AMI Medan)", kata pimpinan rombongan Angkatan Laut India Ayush Dugarm menjawab mahasiswa AMI tentang kesannya setelah melihat berkeliling di Kampus AMI, Jalan Brigjend Bejo d/h Pertempuran No. 125 Pulo Brayan Medan, Rabu (18/5).

Kedatangan rombongan Angkatan Laut India disambut Direktur AMI Medan Capt. Dafid Ginting, M.Mar, M.MSi, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Maritim Surya Putra Sani, SE dan Ketua Pengawas Yayasan Pendidikan Maritim Mazwir Sani. Rombongan melakukan peninjauan ke sejumlah fasilitas praktik mahasiswa diantaranya Full Ship Maneuvering Simulator 240°, Full Engine Room Simulator, Real Engine Niigata 6NSDL, Computer Based Training (CBT), Perpusatakaan dan Ruang Belajar. Kemudian, melakukan dialog dengan mahasiswa.

Dijelaskan Ayush Dugar, kedatangannya ke AMI Medan adalah rangkaian kunjungan ke TNI AL Belawan dalam program Patroli Bersama Indonesia-India. Ïni adalah kunjungan persahabatan karena antara India dan Indonesia juga ada program pertukaran mahasiswa. Saya senang bisa berkunjung ke AMI Medan", katanya.

Dialog antara Angkatan Laut India dengan mahasiswa AMI berlangsung dengan Bahasa Inggris. Bahkan saat Ayush Dugar masuk ke ruang belajar, salah seorang mahasiswi langsung bertanya dengan  Bahasa Inggris setelah diberi kesempatan.

Direktur AMI Medan Capt. Dafid Ginting, M.Mar, M.Si, mengaku senang menerima kunjungan TNI AL India ke Kampus AMI. Apalagi sejumlah alat simulator yang dimiliki AMI dibeli dari India.

Di hadapan prajurit Angkatan Laut India, Capt. Dafid menjelaskan, AMI Medan memiliki tiga Program Studi yakni, Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Teknika dan Nautika. Semua Program Studi sudah Approval dari Dirjen Perhubungan Laut dengan Akreditasi “B”.

Diharapkan dengan kunjungan ini akan menambah wawasan baru bagi mahasiswa tentang pelayaran. Begitu juga pentingnya menguasai bahasa asing.

Kunjungan diakhiri dengan saling menukar cendramata antara Angkatan Laut India dengan AMI Medan.