0 0 lang="en-US"> 7 Perbedaan Hotel dan Apartemen untuk Staycation - amimedan.ac.id
Site icon amimedan.ac.id

7 Perbedaan Hotel dan Apartemen untuk Staycation

Perbedaan-Hotel-dan-Apartemen
Read Time:2 Minute, 44 Second

Hotel dan apartemen bisa menjadi pilihan untuk staycation. Lantas, apa perbedaan hotel dan apartemen? Simak perbedaannya di artikel ini.

Staycation dapat diartikan sebagai liburan yang hanya dilakukan di dalam hotel, vila, atau penginapan lainnya dan tidak melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Biasanya, banyak orang melakukan staycation di hotel & apartemen. Lalu, apa perbedaan hotel & apartemen?

Tujuan staycation umumnya untuk bersantai selama beberapa hari di dalam suatu penginapan setelah melakukan banyak aktivitas sebelumnya. Staycation sering dipilih karena lebih hemat biaya, tidak membutuhkan rencana perjalanan yang rumit, dan memiliki waktu lebih banyak untuk berdiam diri atau menikmati fasilitas penginapan.

Perbedaan Hotel dan Apartemen

Staycation biasa dilakukan di penginapan yang memiliki sejumlah fasilitas yang beragam. Tak perlu keluar dari penginapan, individu bisa berlibur sejenak dari kegiatan sehari-harinya di dalam suatu penginapan. Misalnya, hotel atau apartemen.

Hotel & apartemen umumnya menjadi pilihan akomodasi bagi sebagian orang. Lengkap dengan berbagai fasilitas dan layanan, keduanya sering dijadikan pilihan untuk staycation.

Sebagaimana diketahui, hotel menawarkan layanan lengkap dan fasilitas mewah selama menginap, sementara apartemen memberikan kenyamanan dan privasi. Pilihan antara hotel dan apartemen bergantung pada apakah individu mengutamakan kemewahan atau suasana seperti di rumah sendiri.

Meskipun sama-sama untuk menginap, terdapat sejumlah perbedaan hotel & apartemen yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk staycation di salah satunya. Inilah beberapa perbedaannya, antara lain:

  1. Layanan dan Fasilitas

Hotel memiliki berbagai layanan serta fasilitas agar pengalaman menginap lebih berkesan. Sebagai contoh, layanan kebersihan kamar harian, fasilitas olahraga, restoran, dan sebagainya.

Sementara itu, apartemen tak menyediakan layanan untuk membersihkan kamar harian. Penghuni bertanggung jawab atas kebersihan kamar. Namun, dalam hal fasilitas, beberapa apartemen umumnya memiliki fasilitas, seperti gym dan kolam renang.

  1. Fleksibilitas Menginap

Biasanya, hotel mempunyai fleksibilitas dalam hal waktu tinggal, dengan pilihan menginap harian atau mingguan. Sedangkan, apartemen tak memiliki batasan waktu tinggal. Idealnya, apartemen digunakan untuk tinggal pada jangka waktu cukup lama.

  1. Privasi

Perbedaan hotel dan apartemen lainnya, yaitu terkait privasi. Tingkat privasi pada hotel mungkin lebih rendah dari apartemen karena sering kali terdapat staf hotel yang melayani. Sementara itu, apartemen menawarkan lebih banyak privasi.

  1. Ketersediaan Dapur

Kebanyakan hotel tidak menyediakan dapur di kamar meskipun ada beberapa kamar hotel yang dilengkapi dengan dapur mini. Pasalnya, sebagian besar penghuni lebih mengandalkan restoran hotel untuk kebutuhan makan.

Sedangkan, ruangan apartemen dilengkapi dapur dengan perabotan lengkap, seperti kompor, microwave, kulkas, dan perlengkapan dapur lainnya. Ini memungkinkan penghuni untuk memasak sendiri sehingga lebih hemat biaya.

  1. Biaya

Tarif untuk menginap di hotel lebih tinggi jika dibandingkan dengan menyewa apartemen. Pasalnya, biaya menginap dihitung per malam.

Nah, untuk menginap pada jangka waktu cukup lama, apartemen adalah pilihan tepat. Sebab, harganya biasanya lebih murah.

  1. Kebijakan dan Aturan

Hotel memiliki kebijakan serta aturan cukup ketat, seperti waktu check-in atau check-out dan aturan mengenai penghuni tambahan di dalam kamar hotel. Sementara itu, apartemen biasanya memiliki kebebasan aturan terkait waktu masuk dan keluar serta jumlah penghuni dalam kamar.

  1. Kebutuhan serta Preferensi

Hotel lebih dikhususkan untuk pelancong yang membutuhkan akomodasi serta mencari kemudahan dan kenyamanan ketika bermalam. Pasalnya, fasilitasnya lebih lengkap dari apartemen. Sedangkan, apartemen cocok untuk individu atau keluarga yang mencari pengalaman bermalam seperti suasana di rumah sendiri.

Kesimpulan

Perbedaan hotel dan apartemen menarik diketahui bersama. Keduanya biasa dijadikan tempat untuk staycation oleh kebanyakan orang. Dengan memahami perbedaan keduanya, pengalaman staycation bisa menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri.

About Post Author

amimedanadmin

Selamat datang di blog sederhana dengan saya reggy subagja sebagai penggiat berita seputar pengetahuan kesehatan, teknologi dan info pariwisata. Semoga apa yang telah saya buat dengan fakta bisa membantu bagi para pembaca menambahkan pengalaman yang belum pernah diketahui. Terima kasih.
Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Exit mobile version