0 0 lang="en-US"> Inilah Contoh Iklan yang Efektif dan Bisa Dijadikan Referensi - amimedan.ac.id
Site icon amimedan.ac.id

Inilah Contoh Iklan yang Efektif dan Bisa Dijadikan Referensi

Contoh-Iklan-yang-Efektif
Read Time:2 Minute, 49 Second

Mengetahui contoh iklan yang efektif sangatlah penting sebelum memasarkan produk atau jasa. Jika ingin tahu contohnya, maka kulik dalam artikel ini!

Memasarkan produk atau jasa bukanlah hal yang mudah, apalagi sekarang bentuk iklan sangat beragam. Oleh sebab itu, diperlukan referensi berupa contoh iklan yang efektif sehingga hasilnya sesuai dengan target pemasaran.

Iklan yang efektif tentu tidak fokus pada satu aspek saja. Ada berbagai sisi dari produk atau jasa yang bisa dikembangkan dan dituangkan dalam iklan. Hal ini penting guna menciptakan iklan menarik dan efektif dalam proses menggaet konsumen.

5 Contoh Iklan yang Efektif

Sebagai bahan referensi, bagian ini akan membahas contoh promosi yang bisa memberikan dampak baik bagi produk. Iklan efektif adalah bentuk yang bisa disesuaikan dengan beberapa standar atau referensi di bawah ini:

  1. Iklan dengan Penggabungan Desain Kreatif

Contoh iklan efektif pertama adalah golongan promosi yang menggabungkan desain kreatif. Tidak bisa dipungkiri jika tampilan visual dari iklan sangat penting dan bisa menggaet konsumen. Metode ini tidak terkesan berlebihan namun dampaknya efektif.

Bentuk penggabungan desain kreatif ini bisa disalurkan melalui penyajian warna serta simbol tertentu dengan karakter utama produknya. Jadi apa yang menjadi ciri khas dari produk, tuangkan dalam desain visualnya.

Salah satu pilihan iklan sesuai dengan contoh ini adalah iklan produk Indomie. Pada salah satu iklannya, merk makanan ini memiliki konsep kuliner nusantara. Jadi dalam iklannya ditampilkan beberapa desain batik yang sesuai.

  1. Iklan Interaktif

Jika contoh iklan teks di atas masih terlalu biasa, maka bisa mencoba iklan interaktif. Maksud dari iklan interaktif adalah iklan menjadikan konsumen sebagai salah satu bagian di dalamnya melalui berbagai pendekatan.

Melalui pendekatan dengan konsumen, maka secara tidak langsung akan ada banyak pihak baru yang tahu mengenai produknya. Sedangkan timbal balik dari program ini bisa dilakukan dengan memberikan produk gratis atau melalui metode lain.

Produk yang pernah memanfaatkan iklan tipe ini adalah Coca-Cola. Pernah ada program yang meminta masyarakat berteriak “AYO”, dan jika mencapai titik tertentu akan mendapat produk Coca-Cola secara cuma-cuma.

  1. Iklan yang Anti Mainstream

Tidak sedikit iklan menampilkan keunggulan produk dengan penggambaran berlebihan. Bahkan ada beberapa iklan hiperbola yang bahkan tidak menarik minat masyarakat. Hal ini harus mulai dijauhi dan mulai dengan pendekatan baru.

Mode anti mainstream adalah contoh iklan efektif lainnya dan patut dicoba. Produk yang pernah melakukannya adalah Sprite dengan berbagai konsep uniknya. Pada iklan Sprite, ada VO “Sprite nyatanya nyegerin” yang terkesan sangat jujur tanpa dilebih-lebihkan.

  1. Iklan dengan tokoh yang Relevan

Menggaet tokoh yang relevan dengan produk dalam suatu iklan juga termasuk cara yang efektif. Jadi untuk membuat iklan berdampak, jangan hanya bekerja sama dengan tokoh yang terkenal, namun pastikan ada relevansi dengan produknya.

Contoh dari iklan seperti ini adalah Quipper yang menggaet Maudy Ayunda dalam iklannya. Karena Maudy Ayunda termasuk tokoh yang pintar dan memiliki pendidikan tinggi, maka cocok dengan produk yang ditawarkan oleh Quipper.

  1. Iklan dengan Sosok Sederhana

Maksud dari sosok sederhana ini bukan berarti orang terkenal dibuat seolah-olah low profile. Namun contoh iklan efektif kali ini menitikberatkan pada sosok sederhana asli yang dekat dengan keseharian masyarakat.

Misal iklan Gojek yang sempat menampilkan tokoh bernama Emak. Melalui iklan tersebut, sosok Emak digambarkan sangat sederhana dan sesuai dengan ibu-ibu umum di Indonesia. Hal ini menjadikan iklannya relevan dan mudah menarik perhatian.

Kesimpulan

Itulah 5 contoh iklan yang efektif dan menarik yang bisa dijadikan referensi. Jadi sebenarnya untuk membuat iklan yang efektif, tidak harus memberikan penawaran berlebihan tentang produk. Tampilkan saja konsep yang relevan dan sesuai dengan tujuan.

About Post Author

amimedanadmin

Selamat datang di blog sederhana dengan saya reggy subagja sebagai penggiat berita seputar pengetahuan kesehatan, teknologi dan info pariwisata. Semoga apa yang telah saya buat dengan fakta bisa membantu bagi para pembaca menambahkan pengalaman yang belum pernah diketahui. Terima kasih.
Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Exit mobile version