0 0 lang="en-US"> Siapa Saja Penerima Zakat Mall? Inilah Jawaban Lengkapnya - amimedan.ac.id
Site icon amimedan.ac.id

Siapa Saja Penerima Zakat Mall? Inilah Jawaban Lengkapnya

penerima-zakat-mall
Read Time:2 Minute, 46 Second

Anda harus tahu penerima zakat mall bukanlah sembarang orang. Jika ingin tahu siapa saja yang pantas menerimanya, maka simak daftarnya dalam artikel ini!

Salah satu jenis zakat yang dikenal dalam Islam adalah zakat mall. Zakat ini diperuntukkan membersihkan harta yang dimiliki. Penerima zakat mall sendiri harus sesuai dengan ketentuan syariat dan tidak bisa sembarangan orang.

Jika akan melakukan zakat mall namun belum tahu siapa saja penerimanya, maka pada artikel ini akan diberikan penjelasannya satu ini. Setidaknya ada tujuh golongan dan inilah daftarnya :

  1. Amil

Untuk golongan pertama yang bisa dijadikan tujuan zakat mall qdalah amil. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa amil ini adalah pihak-pihak yang mengurus alur zakat dari awal hingga akhir. Biasanya, pendistribusian zakat akan dibantu amil.

Apalagi jika proses zakat dilakukan untuk masyarakat luas, maka amil ini akan menjalankan tugasnya. Golongan ini menjadi salah satu yang tepat untuk menerima zakat mall. Salah satu alasannya karena termasuk pihak yang amanah dan kontribusinya besar.

  1. Fakir Miskin

Selanjutnya adalah golongan fakir miskin. Pasti sudah dipahami banyak pihak bahwa kalangan fakir miskin bisa dijadikan tujuan zakat yang paling tepat. Kalangan fakir miskin ini memang bagian yang sangat membutuhkan.

Apabila kalangan fakir miskin diberi zakat mall, maka pemberian zakat diharapkan bisa menjadi bantuan besar. Jumlah zakat mall yang diberikan juga diharapkan memiliki nilai ekonomis yang fungsional.

  1. Riqab

Selanjutnya ada kalangan riqab atau yang biasa dikenal dengan budak. Untuk saat ini, perbudakan bukanlah hal yang wajar. Konsep ini sudah dihapus sehingga tidak akan ditemui budal yang secara nyata ada dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun dahulu ketika zaman nabi, budak adalah kalangan yang sering ditemui. Kalangan ini bisa dijadikan tujuan pemberian zakat mall. Selain untuk membantu, pemberian zakat kepada riqab adalah untuk memerdekakannya.

  1. Mualaf

Penerima zakat mall lainnya adalah mualaf. Jadi siapapun yang masuk Islam yang sebelumnya menganut agama lain, maka termasuk kalangan yang tepat untuk diberikan zakat mall. Tujuan dari pemberian ini sangatlah menarik dan baik.

Jadi jika mualaf diberikan zakat mall, diharapkan bisa menjadi aspek yang mampu meneguhkan hatinya dalam mengimani ajaran Islam. Selain itu, diharapkan juga agar semakin percaya bahwa Islam memang memiliki budaya menolong dalam keyakinannya.

  1. Fisabilillah

Lalu ada juga kalangan fisabilillah yang bisa dijadikan tujuan pemberian zakat mall ini. Jika dilihat dari artinya, fisabilillah adalah pihak yang menjalankan perjuangan di jalan Allah serta dalam proses menyebarkan agama Islam.

Contoh dari kalangan fisabilillah adalah orang yang berdakwah, orang yang sedang berjihad, dan berbagai contoh lainnya. Kalangan seperti ini sangat tepat diberi zakat mall karena bisa dijadikan bantuan dan penyemangat agar prosesnya semakin maksimal.

  1. Gharim

Pada daftar keenam ada kalangan gharim. Sebenarnya, gharim adalah kalangan yang memiliki kewajiban utang namun tidak mampu melunasinya. Umumnya, tujuan berutang ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar baik secara pribadi maupun dalam rumah tangga.

Saat seseorang masuk kalangan gharim, maka sudah bisa dipastikan bahwa tepat untuk menerima zakat mall. Nantinya, zakat mall yang diberikan bisa menjadi bantuan dalam membayar utang atau memenuhi kebutuhannya.

  1. Ibnu Sabil

Terakhir ada golongan ibnu sabil yang tepat diberi zakat mall. Orang yang sedang dalam perjalanan dengan tujuan baik dan kehabisan dana, maka biasa disebut dengan ibnu sabil. Contoh dari ibnu sabil ini adalah pendakwah, pencari nafkah, dan yang lainnya.

Kesimpulan

Semua penerima zakat mall yang sudah diuraikan tersebut bisa langsung dijadikan acuan belajar. Jadi pastikan untuk mendalaminya satu per satu agar proses zakat mall tetap sesuai dengan syariat agama Islam tanpa ada kesalahan.

About Post Author

amimedanadmin

Selamat datang di blog sederhana dengan saya reggy subagja sebagai penggiat berita seputar pengetahuan kesehatan, teknologi dan info pariwisata. Semoga apa yang telah saya buat dengan fakta bisa membantu bagi para pembaca menambahkan pengalaman yang belum pernah diketahui. Terima kasih.
Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Exit mobile version