0 0 lang="en-US"> Waspada! Inilah Penyebab Ponsel Meledak yang Harus Diketahui - amimedan.ac.id
Site icon amimedan.ac.id

Waspada! Inilah Penyebab Ponsel Meledak yang Harus Diketahui

penyebab-ponsel-meledak
Read Time:2 Minute, 37 Second

penyebab ponsel meledak ternyata muncul dari masalah-masalah besar. melainkan, inilah 4 kebiasaan yang memicu ledakan tersebut.

Ponsel yang sering digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari ternyata juga bisa meledak kapapun. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab ponsel meledak dan tentu saja masalah ini harus diwaspadai agar tidak terjadi lagi. Kebanyakan alasannya karena ponsel terlalu ekstrem digunakan.

Alhasil sistemnya sangat panas sehingga memunculkan kobaran atau percikan api di dalamnya yang membuatnya bisa meledak. Ponsel itu sebenarnya sama seperti manusia, butuh istirahat agar sistemnya juga berhenti dan tak mengalami kerusakan. Adapun inilah penjelasan lebih lanjutnya.

4 Penyebab Ponsel Meledak yang Paling Umum

Mengetahui penyebab ponsel meledak akan membuat para pengguna dapat lebih waspada kedepannya. Tak teledor, ataupun memaksakan kinerja ponsel secara berlebihan. Berikut adalah 4 penyebab yang paling umum terjadi.

  1. Menempatkan HP di Bawah Suhu Esktrem

Penyebab pertama adalah terlalu sering menempatkan handphone di bawah suhu ekstrem. HP itu memiliki sifat panas, terlebih jika terlalu sering digunakan. Makanya, benda ini tak bisa jika terus-terusan ditempatkan di cuaca panas secara langsung.

Sebab, pada dasarnya HP optimal pada suhu 0 sampai 35 derajat celicus. Kalau pengguna tak memperhatikan hal ini, maka baterai ponsel bisa saja rusak serta memunculkan bahaya jangka panjang.

  1. Memakai Kabel Tak Layak Pakai

Selain baterai, charger termasuk salah satu bagian dari ponsel yang juga rentan mengalami kerusakan. Nah, apabila kabel tersebut masih digunakan, maka akan berpotensi membuat HP meledak serta terbakar.

Makanya, kalau memang kabel charger sudah rusak, lebih baik segera menggantinya dan jangan memakainya lagi. Sudah banyak pula kejadian tentang ponsel meledak karena penyebab yang satu ini.

  1. Menutup Ponsel ketika di Cas

Penyebab ponsel meledak yang ketiga ialah menutup ponsel ketika sedang di cas. Kebiasan-kebiasaan kecil ini cukup sering diabaikan orang. Terlebih jika mereka memiliki banyak barang dalam satu ruangan yang sama dengan tempat cas.

Kedengarannya konyol, tapi dampaknya luar biasa kalau keterusan. Menutup HP ketika di cas dengan selimut ataupun bantal bisa membuat ponsel mengalami kondisi overheat.

Kondisi ini pada umumnya membuat ponsel berada di tahap sangat panas hingga bisa menimbulkan ledakan dan mengeluarkan api. Jadi jangan abaikan apabila tak ingin mengalami kerjadian yang sama.

  1. Tak Menggunakan Charger yang Sesuai dengan Standarnya

Dikarenakan murah, biasanya para pengguna ponsel akan lebih banyak memilih opsi membeli charger imitasi dibandingkan ori. Padahal, dampaknya bisa cukup mengerikan.

Perlu diketahui bahwa tegangan yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel itu tidak sama. Makanya setiap charger juga mengusung kualitas yang berbeda dengan kapasitas beragam.

Apabila memakai ponsel Samsung maka gunakan charge yang sama yakni Samsung. Begitupun dengan Iphone, Oppo, dan jenis handphone lainnya. Jangan mentang-mentang murah, jadi pilih seenaknya tanpa memikirkan risiko yang bisa saja terjadi di kedepannya.

penyebab ponsel meledak ini juga masih sering diabaikan. Hingga kalau sudah kejadian yang tidak diinginkan, muncul penyesalan. Lebih baik beli yang original, mahal sedikit tidak masalah asalkan lebih safety dan tidak menimbulkan bahaya.

Hindari Penyebab Ponsel Meledak di Atas untuk Keamanan Bersama

4 penyebab ponsel meledak bukan hanya sebatas kiasan saja. Untuk itu, jangan pernah sekali-kali meremehkan kebiasan buruk sekalipun itu hanya sederhana saja. tolong berhati-hati dengan apapun. Apalagi ponsel bisa menjadi tempat menyimpan data-data penting. Jangan abaikan dan tetap jaga diri dari hal membahayakan.

About Post Author

amimedanadmin

Selamat datang di blog sederhana dengan saya reggy subagja sebagai penggiat berita seputar pengetahuan kesehatan, teknologi dan info pariwisata. Semoga apa yang telah saya buat dengan fakta bisa membantu bagi para pembaca menambahkan pengalaman yang belum pernah diketahui. Terima kasih.
Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
Exit mobile version